Cara Yang Baik Dalam Mengeritik Orang
Tata cara meng-KRITIK orang dengan baik dan benar....
CARA MENGKRITIK ORANG DENGAN BAIK DAN BENAR:
- Kendalikan Emosi : Ini yang paling penting jika kita ingin memberikan masukan atau kritikan atau nasihat kepada oranglain. Kita harus bisa mengelola emosi dengan baik sehingga ketika kita berbicara bisa mempergunakan sikap dan bahasa yang baik dan benar. Jika kita emosi, maka orang yang diberikan kritikan/nasihat akan malah menjadi emosi bukan mendengarkan apa yang kita bicarakan. sehinga menimbulkan masalah baru, bukan memberikan perubahan kepada orang tsb.
- Izin: Meminta izin terlebih dahulu terhadap orang yang bersangkutan. Bertanyalah kepada orang yang bersangkutan bolehkan kita memberi masukan? memberikan nasihat atau memberikan kritikan?.
- Private Area: Jangan mengkritik orang dihadapan orang banyak, tapi lakukanlah ditempat yang tersembunyi dan tempat yang privasi.
- Jangan PERNAH gunakan kata-kata kasar: gunakanlah kata-kata yang baik, tegas tapi bukan kasar. jika kita menggunakan kata-kata kasar yang ada bukannya mendengar dan menerima tapi akan merasa tidak nyaman dan sakit hati.
- Kritik perbuatannya: Kritik apa yang dilakukan oleh orang itu bukan kepribadian orang itu. Jangan membeberkan kekurangan orang tersebut.
- Fokus:Berikan kritikan bukan terhadap sikap yang telah dilakukan tapi terhadap hal yang bisa dipetik setelahnya,dan yang perubahan yang dapat dan sebaiknya dilakukan kemudian hari.
- Tempatkan diri anda pada orang yang akan dikritik sehingga anda bisa tau bagaimana perasaan orang tersebut dan bisa memberikan kritikan yang tepat.
- Berikan alasan yang logis, tepat dan dapat diterima bukan pandangan buruk anda tentang orang tersebut.
- Lakukan semuanya dengan senyuman sehingga orang yang diberikan kritik akan merasa tenang dan nyaman. sehingga kata-katapun dapat diterima dengan baik.
- Kesimpulan dan Kesempatan:Kritik yang baik adalah kritik yang membangun, yang membuat orang tersebut berubah ke arah yang lebih baik dan berikan kesempatan orang tsb untuk merespon atau mengomentari kritikan anda dan anda harus bisa menerimanya dengan baik.

0 komentar: